Minggu, 18 Januari 2009

Bukti Kehebatan Webblog

Walaupun sebenarnya yang hebat bukan hanya Webblognya saja, tetapi Bloggernya yang sangat berperan penting. Kalau pengguna blog tidak punya inisiatif memuat kejadian yang diabadikannya, tidak mungkin Twitter menjadi hebat.
Seperti berita yang dilansir oleh Detik.com berikut :

Twitter Kalahkan Media Besar Laporkan Pesawat Jatuh

15 Januari 2009 menjadi hari penting bagi Twitter. Situs mikro blogging ini berhasil mengalahkan media-media besar untuk membawa berita tercepat terkait jatuhnya pesawat US Airways di sungai Hudson.

Kecelakaan pesawat dengan 150 penumpang tersebut berhasil didokumentasikan dan langsung dipublikasikan pertama kali oleh pengguna Twitter. Laporan kejadian tersebut hanya berselang 15 menit sebelum kru TV dari CNN tiba ke lokasi.

Masyarakat pun langsung bisa melihat gambar saat pesawat tersebut menyentuh permukaan air, melalui TwitPic. TwitPic adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna meng-upload foto via ponsel dan mempostingnya.

Sejak foto tersebut naik, sejumlah besar orang melakukan re-tweeted dan beberapa situs lain turut memakai foto itu. Saking banyaknya diakses, seperti dikatakan pendiri TwitPic Noah Everett yang detikINET kutip dari Cnet, Jumat (16/1/2009), bahkan TwitPic sampai tak bisa diakses sehingga harus di-backup.

Sebelumnya, Twitter sempat menghebohkan dunia jurnalistik dengan menghadirkan breaking news soal gempa bumi di musim panas lalu dan jatuhnya jet tempur di San Diego. Hal ini sekaligus membuktikan betapa ampuhnya kekuatan sebuah situs mikro blogging.

1 komentar: